21 November 2011

Rossi: "Pekerjaan Sebenarnya Baru Dimulai"

Komentar Rossi setelah mengendarai mesin 1000cc.

"Mengendarai mesin 1000cc memberikan rasa dan sensasi yang lebih baik. Mungkin karena mesinnya, soalnya aku juga merasakan hal yang sama ketika mengendarai mesin 1000cc yang menggunakan airbox/steering head unit berbahan carbon fiber. Aku sangat suka dengan mesin ini dan berkendara pun jadi lebih nikmat. Hal ini juga menutupi sedikit kekurangan motor."

Kekurangan yang Rossi maksud di atas adalah mengenai masalah bawaan pada front end Desmosedici yang hingga kini belum terpecahkan. Semoga saja kekurangan ini bisa diatasi sebelum uji coba pertama di Sepang pada tahun 2012 nanti.

"Ini akan menjadi tiga bulan yang sangat penting sekali. Kami memiliki banyak ide dan waktu untuk membangun motor. Tapi pada skenario terburuk, jika situasi tidak juga membaik, aku tetap tidak akan pensiun balapan. Aku tingin tetap membalap, paling tidak selama beberapa tahun ke depan."

Tentunya Filippo Preziosi berharap agar kerja sama dengan Rossi bisa berlanjut dan performa mereka akan membaik. Berikut cuplikan komentar dari Preziosi sebagai Direktur Teknis Ducati.

"Uji coba Valencia kemarin memberikan kami kesempatan untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan oleh desainer, jadi mereka bisa mendefinisikan spesifikasi sasis dan membuat motor baru. Kami tidak tertarik dengan performa palsu dalam uji coba dua hari tersebut. Yang lebih penting adalah memahami kemana arah kerja kita nanti. Sasis baru ini memungkinkan kita untuk lebih mudah dalam merubah weight distribution, dan aku fikir kita tidak perlu perubahan radikal pada mesin."

Tepat sekali! Karena masalah Ducati memang bukan terletak pada mesin bersistem Desmodromic tersebut, namun lebih kepada weight distribution yang tidak mendukung motor untuk tetap cepat di tikungan. Semoga Ducati menuju arah pengembangan yang tepat sehingga segera kembali bersaing dengan pabrikan Jepang.

Arsip Sobat46