05 November 2013

Kesempatan Terakhir Marquez untuk Mengambil Tahta dari Lorenzo

Black flag di Phillip Island dan dikalahkan oleh Lorenzo di Jepang membuat selisih poin dengan Lorenzo merosot drastis dari 43 menjadi hanya 13 poin menjelang balapan penutup yang akan digelar di Valencia akhir pekan ini. Namun walaupun Lorenzo bisa memenangkan balapan, Marquez hanya perlu mendapatkan posisi keempat untuk bisa membawa pulang tropi juara dunia MotoGP pertamanya.

Kejuaraan memang masih terlihat dalam genggaman Marquez, namun kondisi high pressure, cuaca yang sulit diprediksi di Valencia serta layout sirkuit tidak bisa diremehkan. Marquez harus belajar dari Valencia title showdown pada tahun 2006 ketika Nicky Hayden bisa membalikkan keadaan dan menjadi juara dunia setelah unggul delapan poin setelah Valentino Rossi terjatuh saat balapan. Berikut komentar Marquez.

"Senang rasanya punya waktu satu minggu di rumah setelah tiga pekan berlalu, setelah kecelakaanku di Motegi (saat warm up) aku melakukan rehabilitasi otot leher sebagai langkah antisipasi untuk balapan dan sekarang kondisinya jauh lebih baik."

"Aku menjalani balapan yang bagus di Valencia sebelumnya. Aku selalu mencoba memberikan yang terbaik disana. Aku punya kenangan yang indah dari balapan Moto2 tahun lalu, tapi cuaca juga menjadi faktor yang harus dipertimbangkan karena sangat mudah berubah. Aku tidak sabar lagi untuk kembali ke garasi dan naik motor!"

"Jelas kami tahu risiko apa yang bisa terjadi pada Grand Prix penutup musim tapi seperti biasanya kami akan memakai pendekatan yang seperti biasanya dipakai pada balapan lain dan bekerja keras dari hari Jumat serta melakukan yang terbaik."

Semoga balapan penutup musim 2013 nanti kita akan melihat Marquez mengikuti jejak yang pernah ditorehkan oleh 'King' Kenny Roberts dengan menjadi pembalap yang memenangkan gelar juara dunia di musim perdananya.

Arsip Sobat46