13 November 2013

Silvano Galbusera adalah Kepala Mekanik Baru Rossi

Yamaha akhirnya mengumumkan bahwa Silvano Galbusera akan menjadi crew chief baru Rossi pada musim 2014 nanti. Galbusera sebelumnya adalah crew chief bagi Marco Melandri yang membalap di World Superbike untuk Yamaha dan BMW.

Galbusera memulai kariernya di balap motor sejak tahun 1979 bersama Gilera, selama 14 tahun dirinya bekerja pada kejuaraan dunia kelas 250cc dengan pembalap seperti Alessandro Gramigni dan Paopo Casoli.

Bukan hanya itu, Galbusera juga sekaligus bekerja di Reli Afrika seperti Paris-Dakar bersama Michele Rinaldi hingga kemudian pindah ke Cagiva pada tahun 1994 dan bekerja di kejuaraan dunia 500cc bersama John Kocinski.

Pada tahun berikutnya Galbusera berkerja bersama Yamaha memegang dua peran, baik crew chief maupun direktur teknis di World Superbike dan World Supersport hingga tahun 2011. Galbusera pernah membimbing Troy Corser, Noriyuki Haga, Cal Crutchlow dan Ben Spies, kemudian pada tahun 2012 dan 2013 bekerja dengan Melandri di tim BMW Superbike. Berikut komentar Galbusera.

"Aku ingin berterima kasih kepada Yamaha dan Valentino atas kesempatan besar untuk bisa bekerja bersama juara tingkat tinggi dengan banyak gelar. Aku senang kembali lagi ke keluarga Yamaha dan mendapatkan kesempatan pada tim yang sukses seperti ini dan selalu berada di atas."

Sementara itu Burgess juga memiliki segudang prestasi dengan mengantarkan para pembalapnya untuk mendapatkan 13 gelar di kelas premier yang terdiri dari 7 gelar bersama Rossi, 5 gelar bersama Doohan dan 1 gelar dengan Wayne Gardner.

Rossi tidak berencana untuk mengganti mekaniknya, bahkan mempersilakan jika ada mekaniknya yang ingin berpisah darinya karena sudah tidak ada Burgess. Tahun 2014 adalah tahun terakhir dari kontrak Rossi bersama Yamaha dan Rossi akan memutuskan pada awal tahun depan nanti apakah dia akan terus membalap di MotoGP.

Arsip Sobat46