19 July 2013

Lima Pembalap Punya Kans Juara Dunia 2013

Setelah balapan akhir pekan lalu di Jerman berakhir, lima pembalap teratas pada klasemen pembalap MotoGP memiliki kesempatan untuk menjadi juara dunia musim ini. Valentino Rossi (Yamaha), Marc Marquez (Honda), Dani Pedrosa (Honda), Jorge Lorenzo (Yamaha), dan Cal Crutchlow (Tech 3 Yamaha)  hanya terpaut 37 poin dengan 250 poin maksimal bisa diperebutkan dari 10 seri tersisa musim ini.

Dengan Pedrosa dan Lorenzo yang masing-masing mengalami cidera, maka setiap pembalap dari 'fast five' ini telah sama-sama mengalami satu seri tanpa memperoleh poin dalam balapan tahun ini. Berikut komentar Rossi mengenai situasi MotoGP musim ini.

"Ini bagus. Sangat menarik. Lima adalah jumlah yang banyak. Kelimanya sangat cepat dan sangat kuat dengan pengalaman yang cukup untuk bisa cepat di semua sirkuit. Menurutku kami memiliki motor terbaik. Jadi sekarang kami harus melakukan pekerjaan dengan lebih baik. Ini akan lebih menarik jika semuanya hanya terpaut sepuluh poin!"

Rossi juga menambahkan bahwa Pedrosa dan Lorenzo masih menjadi pembalap yang harus dikalahkan.

"Situasinya sekarang sangat ketat. Apa yang benar-benar aku pikirkan adalah Dani dan Jorge akan menjadi yang paling kuat jika mereka 100% fit. Tapi sekarang Marc berada di depan dan selalu mendapatkan podium kecuali kesalahannya di Mugello. Sementara untukku dan Cal - Aku tidak mau mengatakan Cal - tapi untukku, jika aku ingin bertarung untuk mendapatkan podium pada setiap balapan, aku harus lebih cepat dan lebih konsisten. Kami tidak terlalu jauh tertinggal, tapi kami harus melakukan langkah lainnya."

Sementara itu Marquez yang memimpin kejuaraan dengan keunggulan dua poin dari rekan satu timnya, Dani Pedrosa, merasa senang melihat perebutan gelar menjadi sangat ketat. Namun Marquez juga berharap akan terjadi pertarungan yang lebih banyak di bagian depan saat balapan.

"Lima pembalap dengan 37 poin itu akan sangat menarik dan merupakan kejuaraan yang seru pastinya. Aku pikir pertunjukannya akan bagus. Menurutku semakin banyak pembalap di depan akan semakin baik dan aku bisa belajar lebih banyak lagi. Hari ini aku mendapatkan pengalaman untuk mengontrol balapan dari depan, tapi aku juga menikmati balapan seperti di Montmelo dan Jerez dimana aku mengikuti beberapa pembalap dan harus push sepanjang balapan."

Sementara itu Crutchlow merupakan satu-satunya pembalap nonpabrikan yang masuk ke dalam lima pembalap tercepat dan saat ini berkonsentrasi penuh untuk mendapatkan kemenangan pertamanya. Pembalap asal Inggris ini yakin bahwa hasil kejuaraan tahun ini akan sulit untuk diprediksi.

Arsip Sobat46