22 July 2009

Kejayaan Rossi di Sachsenring


Valentino Rossi memperlebar selisih poin dengan rivalnya setelah memenangkan balapan di Jerman dengan selisih waktu di bawah 0,1 detik terhadap rival terdekatnya yang merupakan teman satu timnya. Kemenangan super dekat pertama terjadi pada putaran keenam di Catalunya, ketika Rossi menyalip Lorenzo dengan brilian di tikungan terakhir dan menggapai kemenangan dengan selisih waktu hanya 0,095 detik, namun di GP Jerman Lorenzo gagal untuk balas dendam terhadap Rossi di dua lap terakhir dan finish dengan selisih waktu 0,099 detik – angka 99 ternyata milik Lorenzo.

Lorenzo yang menggunakan ban belakang lebih keras tentunya mendapatkan speed adventage dan dapat menyalip Rossi setelah main straight menuju tikungan pertama, tapi Rossi kembali membalas dengan menyalip Lorenzo di tikungan yang sama dan mengambil racing line yang lebih rapat untuk mencegah Lorenzo masuk dari bagian dalam tikungan dan akhirnya Rossi meraih kemenangan ke-101-nya dengan keseimbangan antara pertahanan dan kecepatan yang sempurna. Rekor ini sekaligus menjadikan Rossi sebagai pembalap yang mampu menginjakkan podium sebanyak 159 kali.


“Aku fikir ini adalah balapan yang menakjubkan bagi semua orang karena ada empat pembalap yang memimpin kejuaraan, bertarung sangat dekat dan semua dalam kondisi yang kuat. Kami tahu bahwa mereka semua akan sangat sulit untuk dikalahkan pada hari ini, jadi aku sangat senang dengan kemenangan ini. Aku membalap dengan sangat baik dan tim-ku bekerja dengan sangat hebat sepanjang akhir pekan ini untuk menemukan settingan terbaik.”

“Aku memulai balapan dengan baik hari ini, pertarungan yang hebat dengan Stoner di awal balapan dan di pertengahan balapan aku sedikit lebih cepat dan dapat berusaha pada level maksimum dan itu sangat menyenangkan. Pilihan ban para pembalap papan atas sangat bervariasi, jadi terdapat perbedaan perilaku motor di beberapa racing line yang berbeda. Sekarang dengan satu merek ban kamu harus bertarung lebih hebat lagi di trek.”

“Pada akhir balapan merupakan pertarungan yang luar biasa dengan Lorenzo dan aku benar-benar harus berada dalam kondisi terbaik, terutama karena dia menyalipku ketika aku tidak mengharapkannya. Beruntung aku dapat menyalipnya kembali, kemudian berjalan dengan sempurna tanpa kesalahan pada lap terakhir. Ini adalah kemenanganku yang keempat dalam musim ini dana aku pikir motor Yamaha sangat fantastik pada musim ini. Menurutku balapan seperti ini sangat baik untuk dunia balap. Sekarang kami punya sedikit keunggulan di klasemen dan kami akan langsung ke Donington, salah satu sirkuit favoritku yang mana aku berharap dapat menang di sana setelah beberapa tahun buruk tanpa kemenangan.”

Itu lah komentar yang dilontarkan Rossi kepada media dan saat ini Rossi unggul 14 poin terhadap Lorenzo setelah 9 balapan dari 17 balapan dalam musin 2009 ini.

Arsip Sobat46