23 July 2009

Wawancara Khusus dengan Lorenzo


Halo para GP Mania, kali kita bakal mewawancarai Jorge Lorenzo yang akan berlaga di Donington Park dengan selisih hanya 14 poin terhadap juara dunia MotoGP Valentino Rossi. Kali ini media Inggris akan berbincang seputar awal hebat Lorenzo pada musim ini, balapan melawan Rossi, dan yang terakhir dan terpanas adalah pembicaraan mengenai kontrak Lorenzo untuk tahun 2010 dan banyak lagi. Jadi kita simak aja yuk.


Tanya:
Jorge, tahun lalu kamu mendapatkan 114 poin setelah 9 balapan, kali ini kamu telah mendapatkan 162 poin. Kamu juga telah menang 2 kali dan 8 podium, jadi bagaimana kamu menilai dirimu sendiri untuk tahun ini? Skor maksimum 10 ya!

Jorge Lorenzo:
Menurutku 8 dari 10 deh.

Tanya:
Seberapa besar peningkatanmu dibandingkan tahun lalu?

Jorge Lorenzo:
Pertama-tama, sebagaimana kamu tahu bahwa kami menukar merek ban dan ini memberikanku ketahanan yang aku butuhkan. Juga PD yang lebih besar karna aku tahun bahwa aku menggunakan ban yang sama dengan semua orang. Terlepas dari ini aku memiliki setahun pengalaman lagi pada kelas ini, dan dengan motor ini, yang mana sangat menolongku.

Tanya:
Kamu mengalami dua kecelakaan ganas pada saat kualifikasi di Laguna Seca, tapi kamu hampir memenangkan balapan. Bagaimana kamu berkendara dengan cepat ketika cidera, sebagaimana yang kamu lakukan pada tahun lalu?

Jorge Lorenzo:
Aku pun gak tahu! Aku pikir rahasiaku hanya karna aku selalu melakukan sesuatu dengan maksimum. Apapun keadaannya. Aku tidak mengeluh dengan kondisi fisikku. Jadi kalau aku hanya dapat melakukan 80%, ya aku lakukan 80%. Itu membutuhkan konsentrasi dan fokus, untuk berkendara sebaik mungkin yang kamu bisa.

Tanya:
Saat ini kamu sering duel dengan Rossi, bertarung dengannya, bagaimana rasanya?

Jorge Lorenzo:
Aku fikir setiap balapan aku semakin dekat dengannya. Kami menang di Jepang dan Le Mans tapi pada saat itu Valetino tidak kompetitif sebagaimana saat ini. Saat ini Rossi lebih kompetitif karena dia telah menemukan settingan yang lebih baik pada motornya dan merasa lebih baik sekarang. Tapi aku masih bertarung dengannya. Jadi aku fikir dari awal kejuaraan hingga saat ini kami akan terus bersama.

Tanya:
Seberapa beda settingan motormu dibandingkan dengan Valentino?

Jorge Lorenzo:
Cukup berbeda. Normalnya motor Valentino lebih berat di bagian depan dan motorku lebih berat di bagian belakang.

Tanya:
Kamu memiliki settingan bagus untuk motormu kan? Apakah kamu senang dengan itu?

Jorge Lorenzo:
Ya. Kami tidak banyak merubah settingan motor. Kami hampir memiliki motor yang sama dengan Valentino. Hanya beberapa bagian yang belum aku miliki. Tapi aku memiliki motor untuk menang dan aku senang dengan ini.

Tanya:
Semua orang ingin tahun dimana Lorenzo akan membalap tahun depan, jadi bagaimana situasinya saat ini?

Jorge Lorenzo:
Kamu tahu kan, aku merasa hebat di Yamaha. Aku merasa nyaman dan kami merasakan atmosfir keluarga yang sebenarnya dan motor yang sangat kompetitif di sini. Tapi yang penting adalah seberapa besar Yamaha benar-benar menginginkan kami. Jika ada merek lain yang lebih menginginkanku daripada Yamaha, ya aku gak tahu.

Tanya:
Jadi kamu ingin tahu apakah kamu sangat penting bagi Yamaha?

Jorge Lorenzo:
Keadaan di Yamaha sangat bagus karena biasanya mereka memiliki dua pembalap yang mendapatkan podium dalam setiap balapan, tapi mereka juga harus mendukung kedua pembalap dalam level yang sama. Ini tidak lah mudah. Kita lihat saja apakah Yamaha cukup memiliki satu pembalap yang kompetitif atau apakah mereka ingin menyaiapkan masa depan.

Tanya:
Bisakah kamu memberikan komentar seputar rumor Honda?
Jorge Lorenzo:
Sekarang aku di Yamaha dan rasanya tidak fair untuk berbicara tentang merek lain.

Tanya:
Dengan siapapun kamu meneken kontrak, kamu ingin kontrak berapa tahun?

Jorge Lorenzo:
Biasanya kontrak untuk setiap pembalap adalah dua tahun.

Tanya:
Pertanyaan terakhir, Rossi unggul 14 poin menuju GP Inggris akhir pekan ini, apa tujuanmu akhir pekan ini?

Jorge Lorenzo:
Kamu tahu kan bahwa Valentino telah memenangkan balapan yang sangat ketat dan ini menjadikannya sedikit lebih unggul daripada aku di klasemen. Tapi tujuanku berlanjut untuk mendapatkan poin lebih tinggi daripada poin pada akhir musim lalu. Artinya lebih baik daripada nomor 4. Dan jika kami bisa menang, kami akan mencobanya.

Gimana, banyak info yang bisa kita dapat dari interview dengan Lorenzo. Kita tunggu aja bagaimana kelanjutan kisah Lorenzo, dan apakah dia jadi pindah ke Honda? Lantas, siapakah yang akan terdepak dari Honda jika Lorenzo jadi pindah? Siapa yang akan mengisi kursi Lorenzo saat ini?? Mungkin kamu punya pendapat sendiri.

Arsip Sobat46