10 July 2009

Empat kecelakaan tragis di Laguna Seca

Sesi latihan dan kualifikasi yang digelar pada Grand Prix Amerika cukup memakan banyak korban, dan kejadian ini juga berlanjut sampai balapan itu sendiri, yaitu ketika empat dari 17 pembalap harus keluar dari balapan karena kecelakaan. Ayo kita ingat-ingat lagi, siapa aja sih yang apes banget di trek yang terletak di Kalifornia ini.

Pada lap keempat, Gabor Talmacsi kehilangan kontrol motor Scot Honda-nya saat sedang berada pada urutan ke-15. “Aku memiliki feeling yang bagus dengan motor dan melakukan start dengan baik, tiba-tiba pada saat aku di posisi 15 aku kehilangan grip ban depan. Aku gak bisa bilang kenapa,” kata pembalap Hungaria ini sambil mengangkat bahu. “Aku baik-baik saja, tapi sayang baget karena aku sedang dalam kondisi yang baik. Aku tetap percaya diri untuk balapan berikutnya.”

Kecelakaan ini merupakan pertama kalinya yang dialami Talmacsi dalam penampilan ketiganya di kelas MotoGP, tapi pembalap yang paling berpengalaman seperti Loris Capirossi juga terjatuh pada lap yang sama.

“Aku sangat kecewa dengan hari ini, aku memulai balapan dengan cukup baik dan sangat agresif di beberapa lap awal, tapi di tikungan keenam aku kehilangan grip ban depan dan pada lap berikutnya aku mengalami hal yang serupa, tapi kali ini aku terjatuh. Aku minta maaf banget kepada seluruh anggota tim karena mereka telah bekerja sangat keras akhir pekan ini. Kebenarannya adalah akhir pekan yang mengerikan bagiku dan kami tidak pernah benar-benar menemukan solusi yang baik.” Begitulah kesedihan yang ditumpahkan oleh Loris Capirossi yang sudah sangat lama mengikuti balapan Grand Prix. Pada saat terjatuh Capirossi berada pada posisi kedelapan.

Tiga lap berikutnya, kecelakaan kembali menimpa pembalap senior dan kali ini yang menjadi korbannya adalah Sete Gibernau pada saat berada di posisi ke-12, dan yang paling menyedihkan adalah Andrea Dovizioso yang terjatuh pada posisi ke-4. Pembalap Repsol Honda yang juga terjatuh pada saat berada di posisi ke-4 pada saat balapan di Assen ini juga mengalami hari yang buruk di Laguna Seca. Dovi mengalami lowside pada lap ketujuh pada saat balapan, kejadian ini bermula pada saat Dovi menyenggol pembatas trek yang akhirnya membuat handle koplingnya bengkok.

“Kami berada dalam kondisi yang baik, aku mendapatkan irama yang cepat dan aku yakin kami akan mendapatkan hasil yang bagus hari ini, jadi aku sangat kecewa. Sayangnya aku melakukan kesalahan dan aku menghancurkan kesempatan ini.” Terlihat bahwa Dovi sangat menyesal, apalagi setelah terjatuh juga di balapan sebelumnya. “Selama lap pertama aku berada di belakang Valentino, aku ingin memotongnya pada saat di trek lurus. Di situ merupakan blind point dan aku sangat dekat sehingga aku tidak bisa melihat tiang plastik pembatas yang memisahkan trek dengan jalur pit. Aku menghantam beberapa dan akhirnya tuas kopling jadi bengkok, setelah itu aku tidak bisa mengontrol engine brake. Ini adalah kesalahanku karena mengambil racing line terlalu ke kiri.”

Selain pada pembalap yang mengalami kecelakaan, ada satu pembalap yang sangat apes. Dia adalah James Toseland yang didiskualifikasi karena tidak melakukan pinalti yang telah dijatuhkan oleh race director karena telah melakukan jump start.

Arsip Sobat46