21 July 2009

Rossi Mengalahkan Lorenzo di Jerman


Valentino Rossi mengalahkan teman satu timnya yang menjadi rival utamanya dengan selisih waktu hanya 0,099 detik – selisih satu ban aja – di sirkuit Sachsenring dan menyamai rekor podium terbanyak sepanjang masa yang pernah ditorehkan oleh Giacomo Agostini yaitu sebanyak 159 podium.

Setelah cuaca hujan yang melanda dua sesi latihan akhirnya balapan berlangsung dalam keadaan cerah namun berangin dan Rossi memimpin balapan dari posisi terdepan. Keempat pembalap papan atas berada di depan pada akhir lap pertama, yaitu Rossi yang diikuti oleh Dani Pedrosa, Casey Stoner dan Lorenzo – padahal Pedrosa start dari posisi ke-8.

Stoner merupakan rider pertama yang melakukan serangan dengan menyalip Pedrosa untuk mendapatkan posisi kedua pada lap kelima dari total 30 lap dan mampu mengambil alih pimpinan balapan dari Rossi pada saat mengerem. Tapi bintang Ducati ini gak bisa mempertahankan posisinya dan akhirnya disalip balik oleh Rossi pada lap ke-17 dan kehilangan posisi kedua setelah beberapa tikungan berikutnya.

Lorenzo yang terus berusaha untuk menempel di belakang Rossi akhirnya menemukan kesempatan dengan mengambil Rossi saat akan masuk ke tikungan pertama. Rossi yang menggunakan ban lebih lunak dibandingkan Lorenzo akhirnya mengikuti pembalap Spanyol ini hingga tinggal dua lap tersisa dan kembali menyalip Lorenzo di tikungan yang sama – berarti lunas donk, hehe..

Lap terakhir tentunya akan dimanfaatkan benar oleh Lorenzo, sehingga Rossi harus bertindak defensif untuk melindungi posisinya sebagai pimpinan lomba. Rossi pun merubah beberapa racing line agar Lorenzo tidak gampang masuk, apalagi Lorenzo memiliki kecepatan yang lebih karna menggunakan komponen ban yang lebih keras. Akhirnya Rossi berhasil mengantarkan dirinya menjadi pemenang lomba.

Pedrosa yang mampu menyalip Stoner akhirnya mendapatkan posisi ketiga dan Stoner melambat hingga selisih 7 detik terhadap Pedrosa.

Berikut adalah hasil dari GP Jerman:

1. Rossi
2. Lorenzo
3. Stoner
4. Pedrosa
5. de Angelis
6. Elias
7. Melandri
8. Hayden
9. Edwards
10. Toseland
11. Capirossi
12. Canepa
13. Vermeulen
14. Kallio
15. Talmacsi

Arsip Sobat46