23 May 2013

Crutchlow, Batuk Darah Hingga Sampanye Podium

Perjuangan Cal Crutchlow patut kita acungi jempol. Bukan hanya karena mendapatkan hasil terbaiknya sebagai pembalap MotoGP dengan menempati posisi runner-up saja, namun juga perjuangan kerasnya sampai harus mengalami retak pada tulang kering kanannya dan batuk darah saat sesi latihan bebas. Berikut komentar Crutchlow.

"Aku mengalami retak di bagian atas tulang keringku, jadi ketika aku berjalan terasa sakit namun tidak terlalu buruk saat di atas motor. Ketika adrenalin berpacu, itu tidak akan jadi masalah. Aku lebih mengkhawatirkan dada dan perutku karena kemarin aku batuk darah banyak sekali dan mimisan. Aku sangat berterimakasih latihan kemarin diberi red flag karena aku terbaring di aspal dengan darah di dalam helm dan tidak tahu bagaimana kondisiku, jadi aku tetap berbaring."

Kurang dari satu jam setelah latihan, Crutchlow mendapatkan posisi keempat pada sesi kualifikasi kering. Untungnya kondisi balapan yang hujan sedikit meredakan rasa sakit pada cideranya dan memberikannya kesempatan untuk memperbaiki kecelakaan tahun lalu pada home race tim Tech 3 ini.

"Kondisi basah lebih mudah bagi tubuhku walaupun aku cukup percaya diri jika balapan pada kondisi kering. Tapi aku tahu bahwa itu balapan basah, jadi aku bisa mencoba dan memperbaiki kondisi tahun lalu, ketika kami bertiga - Valentino dan Dovi - juga bertarung pada kondisi basah yang sama seperti tahun lalu."

"Tahun lalu aku crash pada saat bertarung. Kami juga berada pada posisi yang sama dan aku berpikir untuk tetap berada di atas motor dan tetap lembut berkendara. Aku tahu bahwa aku ingin menjaga catatan waktuku, tapi aku sadar sekali bahwa aku memiliki gap terhadap Marquez di belakang. Aku sadar dia datang."

"Pastinya senang bisa mengalahkan mereka. Mereka kelas dunia. Aku pikir pada kondisi seperti ini kami sudah membuktikan kalau kami mampu bertarung dengan sangat baik."

"Aku merasa percaya diri dan nyaman. Aku memiliki masalah besar saat memanaskan ban di awal balapan, tapi ketika ban sudah hangat, aku merasa nyaman dan berkendara dengan lembut. Sulit untuk mengganti gigi ketika ban belakang spinning, tapi kita akan menangani hal tersebut. Beruntung motor bekerja dengan bagus. Aku gembira dengan motorku baik pada kondisi kering ataupun basah. Ini adalah hadiah yang besar bagi tim pada home GP mereka."

Podium yang didapat Crutchlow memperkuat posisinya sebagai top satellite rider dan mengangkatnya ke posisi keempat, di atas Rossi pada klasemen pembalap MotoGP.

Arsip Sobat46