21 May 2013

Marquez: Balapannya Terlalu Singkat!

Balapan basah pertama Marc Marquez di kelas MotoGP akan menjadi memori yang tak terlupakan baginya setelah kesulitan beradaptasi pada paruh awal balapan dan pada akhirnya berhasil mendapatkan podium ketiga di Le Mans. Marquez yang berada di posisi pertama setelah kualifikasi pada kondisi kering, ternyata harus kesulitan di awal balapan karena tidak memiliki pengalaman pada kondisi basah. Wheel spin yang berlebihan membuat Marquez turun hingga ke urutan delapan setelah balapan di mulai. Marquez beberapa kali melebar hingga keluar trek hingga akhirnya beradaptasi dan kembali mengejar pembalap terdepan. Berikut komentar Marquez.

"Podium ini sangat penting karena ini adalah balapan pertamaku pada kondisi basah di kelas MotoGP dan seperti yang kamu saksikan, terutama di awal balapan, aku hampir crash di setiap tikungan. Aku melakukan kesalahan besar dan aku mengalami terlalu banyak spin. Tapi akhirnya aku mendapatkan feeling yang sama seperti pada saat warm-up dan aku kembali ke lintasan."

Marquez menyalip Dovi yang menunggangi Ducati untuk mendapatkan posisi ketiga pada dua lap terakhir dan kelihatannya Marquez memiliki pace untuk mengejar Crutchlow di posisi kedua, namun Marquez memutuskan untuk tidak mengambil resiko berlebihan.

"Balapan ini terlalu cepat. Aku ingin beberapa lap lagi karena aku melakukan hal yang sangat bagus. Pada lap terakhir aku melihat Cal di depan sana, tetap aku berpikir setelah balapan bahwa posisi ketiga sudah cukup karena selama balapan aku sangat jauh dari podium."

Walaupun dengan hasil yang gemilang, Marquez kehilangan posisi puncak di klasemen pembalap MotoGP terhadap rekan satu timnya yang memenangkan balapan Le Mans, Dani Pedrosa.

"Aku kehilangan posisi pertama, tapi kamu tahu bahwa yang paling penting aku hanya 6 poin di belakang Dani. Kami tidak menduga hal ini dan ini bukanlah tujuanku. Mugello dan Barcelona sangat penting karena sirkuit tersebut sangat sulit. Kami harus lebih berkonsentrasi daripada saat ini."

Hingga saat ini, Marquez merupakah satu-satunya pembalap yang menyelesaikan balapan di atas podium pada empat balapan paruh awal MotoGP musim 2013 dengan kemenangan di Texas.

Arsip Sobat46