20 May 2013

Rossi Low Side, Podium Melayang

Sekali lagi kita harus bersabar setelah Valentino Rossi yang berpeluang mendapatkan podium pada balapan basah di Le Mans kemarin terjatuh saat melibas tikungan keenam. Rossi memulai balapan dari posisi kedelapan dan mempu naik ke posisi tiga hingga kemudian disalip oleh Crutchlow. Sesaat sebelum jatuh, Rossi mencatatkan catatan waktu tercepat kedua dari balapan. Sayang Rossi harus terjatuh dan kemudian menyelesaikan balapan dengan perasaan kecewa.

"Sayang sekali karena aku memiliki kesempatan bagus untuk mendapatkan hasil yang bagus. Aku pikir kami memiliki potensi untuk mendapatkan podium. Aku tiba di tikungan keenam dengan tidak terlalu cepat ataupun terlalu lebar, tapi aku terkena benjolan di trek pada saat mengerem dan sayangnya kita kehilangan kesempatan untuk mendapatkan podium. Kami kehilangan sejumlah poin penting di kejuaraan."

"Hingga saat crash itu balapanku sangat bagus. Aku memulai balapan dengan bagus, memiliki setelan yang bagus pada motor dan bisa push. Aku bagus di pengereman dan saat akselerasi tidak terlalu buruk. Kondisi sebelum crash sangat bagus, aku memiliki kecepatan bagus dan performaku oke. Aku cepat dan menikmatinya, tapi aku melakukan kesalahan dan hasil bagus pun hilang."

Setelah terjatuh Rossi berusaha kembali ke trek balap dan menyelesaikan balapan di posisi 12 dengan motor yang rusak. Mengenai pace sebelum Rossi jatuh, Rossi yakin bahwa dirinya sanggup bersaing untuk posisi kedua sekiranya tidak mengalami low side di tikungan keenam.

"Pedrosa lebih cepat walaupun melakukan beberapa kesalahan, namun dengan Cal, aku memiliki pace yang kurang lebih sama. Pada satu putara aku secepat dia dan pace kami sama. Cal cepat namun aku memiliki dua atau tiga titik dimana aku juga tidak terlalu buruk dan aku pikir aku bisa bertarung dengannya untuk mendapatkan posisi kedua."

Ketika ditanya pandangan mengenai performa Dovi yang cukup mengagumkan bersama dengan Ducati pada awal balapan, Rossi berkomentar bahwa Ducati memiliki traksi yang baik saat akselerasi seperti tahun lalu. Balapan kelima yang akan digelar dua minggu lagi merupakan home race Rossi. Beban Rossi semakin meningkat setelah tidak naik podium sejak seri pembuka di Qatar.

Arsip Sobat46