15 June 2013

Kualifikasi Adalah Kunci Utama Bagi Rossi

GP Catalunya merupakan tempat yang menyenangkan bagi Rossi, karena Rossi memiliki banyak rekor kemenangan di sirkuit Montmelo ini. Dengan demikian dapat menambah kepercayaan diri The Doctor untuk memberikan balapan yang menarik dan hasi yang bagus, apalagi setelah dua seri yang sangat buruk sehingga membuat Rossi semakin tertinggal di klasemen pembalap. Berikut komentar Rossi pada konferensi pers pembuka Grand Prix akhir pekan.

"Akhir pekan ini mungkin merupakan salah satu dari tiga sirkuit terbaik, aku suka dengan trek ini. Rancangannya fantastik dan mengendarai mesin MotoGP disini selalu menyenangkan serta Barcelona adalah kota yang besar."

Rossi mengakui bahwa format kualifikasi yang baru diterapkan sejak musim ini masih memberikan masalah padanya dan dirinya harus lebih meningkatkan hasil kualifikasinya pada akhir pekan ini, paling tidak harus memulai balapan dari bari kedua, yang artinya adalah dari posisi keenam.

"Bagiku masalah utamanya adalah waktu yang hanya 15 menit di QP2 itu sangat sulit untuk memahami kapan waktu yang tepat untuk masuk trek. Kamu harus meningkatkan catatan waktu, tetapi juga harus sangat hati-hati agar tidak ada pembalap lain di belakang. Jika kamu merupakan pembalap yang lebih cepat dan memberikan slipstream yang baik, mungkin dua atau tiga pembalap yang ada di belakangmu bisa menyalipmu dan kamu akan memulai balapan di belakang mereka. Ini lebih ke strategi dimana kamu mendapatkan clear lap dan tidak ada yang mengikutimu."

Dari hasil analisis catatan waktu Rossi selama di lintasan dari awal musim 2013 memang terlihat bahwa Rossi butuh waktu untuk feel comfort di atas motor, hal ini tidak menjadi masalah pada sesi latihan bebas yang memiliki waktu satu jam. Namun hal ini menjadi masalah besar ketika Rossi harus melakukan kualifikasi yang hanya berdurasi 15 menit. Ingat, tidak selama 15 menit kita berada di trek, sebab ada alokasi ban yang apabila kita habiskan sebelum balapan, maka kita tidak memiliki jatah ban dengan komponen yang sama saat balapan nanti. Seperti kebanyakan pembalap, Rossi melakukan dua kali run.

Arsip Sobat46