30 June 2013

Assen 2013, Salah Satu Kemenangan Terbaik dalam Karier Rossi

Kemenangan Rossi ke-8 di Assen ini merupakan kemenangan ke-80 di kelas MotoGP sekaligus kemenangan ke-47 bersama Yamaha yang mengakhiri paceklik kemenangan sejak membalap untuk Ducati di tahun 2011.

Kini Rossi sudah mulai mendapatkan feeling dengan cepat sejak awal balapan, sebab Rossi sadar betul bahwa kesempatan itu justru berada di awal balapan pada saat belum semua pembalap on pace. Kuncinya adalah siapa yang cepat mendapatkan feeling motor sejak awal balapan, dialah yang memiliki peluang lebih besar untuk menjadi yang tercepat.

Setelah membereskan Marquez, Rossi segera mengejar Pedrosa dan menggunakan kesaktiannya yang kini sudah mulai kembali setelah mendapatkan setelan yang bagus saat uji coba di Aragon. Rossi menyalip Pedrosa di tikungan S terakhir (final chichane) yang sangat terkenal sebelum main straight pada lap ke-6 dari 26 lap. Berikut komentar Rossi setelah memenangkan balapan Assen.


"Hari ini sangat spesial. Ini adalah salah satu kemenangan terbaik dalam karierku karena ini adalah kemenangan yang sangat dinanti dan diharapkan setelah sekian lama. Terlepas dari Jorge yang cidera, aku sangat senang karena aku memenangkan balapan sungguhan dimana semua lawanku sangat kuat dan sangat cepat."

"Ini adalah awal yang baik, aku mendapatkan feeling yang bagus, bisa overtaking saat mengerem dan aku merasa baikan di atas motor. Ini sulit, tapi garis finish memanggilku, jadi aku harus tiba secepat mungkin. Kami telah membuat suatu langkah maju dengan motor, aku bisa mengendarai motor dengan cara yang lebih baik, jadi kita harus mencoba dan tetap berada dengan top guys setiap akhir pekan."

Kembalinya Rossi ke podium utama juga menuai rasa senang dari rival muda terbarunya, Marq Marquez, yang mengapresiasi pencapaian Rossi ini juga mengangkat nama MotoGP secara umum.

"Aku ingin mengucapkan selamat kepada Valentino, karena ketika dia berada di depan, hal itu sangat bagus bagi balap motor," ujar Marquez yang juga merupakan pengagum Rossi.

Rossi juga tidak lupa memuji aksi heroik Lorenzo yang berjuang mengalahkan rasa sakitnya setelah melakukan operasi untuk memasukkan plat titanium dengan delapan sekrup pada tulang bahunya yang patah.

"Jorge melakukan balapan yang hebat, aku harus mengucapkan selamat padanya karena dia memiliki keberanian yang besar untuk melakukan hal ini dan juga mengambil langkah penting untuk kejuaraannya."

Arsip Sobat46